Pemprov DKI Tingkatkan Kerja Sama dengan Casablanca

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meningkatkan kerja sama kota (sister city) menjadi kerja sama provinsi (sister province) dengan Casablanca-Settat, Maroko.

Peningkatan kerja sama tersebut muncul setelah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bertemu dengan Presiden Dewan Wilayah Casablanca-Settat, Mustapha Bakkauri di Casablanca, Maroko.

"Tujuannya pendatanganan Letter of Intent (LOI) untuk meningkatkan kerja sama sister city menjadi sister province antara Jakarta dengan Casablanca Settat," ujar Anies di Casablanca, Maroko

Anies menjelaskan, peningkatan kerja sama yang dimaksud akan difokuskan di sejumlah bidang. Di antaranya bidang kepelabuhan atau maritim, kepariwisataan, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan pendidikan.

"Peningkatan hubungan kerja sama di sejumlah bidang kita fokuskan untuk 2019," katanya.

Menurut Anies, hubungan kerja antara Indonesia dengan Maroko mulai meningkat menjadi hubungan diplomatik sejak 1965. Di mana kedua negara membangun kantor-kantor kedutaan besar di masing-masing negara.

"Presiden RI, Soekarno juga memenuhi undangan pemerintah Maroko pada masa itu dengan melakukan kunjungan resmi ke Rabat pada 2 Mei 1960," tandasnya.(pr/kj/al)